RUANG LINGKUP MEDIA PENDIDIKAN

Posted: 5 Juni 2011 in Media Pendidikan

RUANG LINGKUP MEDIA PENDIDIKAN

  1. Pentingnya Media Pendidikan.

Media pendidikan sa  gat diperlukan dalam proses pengajaran. Dengan adanya media pendidikan akan lebih menunjang lancarnya proses komunikasi didalam materi yang disampaikan oleh guru akan lebih dimengerti oleh peserta didik. Selain itu dengan adaya media pendidikan gagasan yang ingin disampaikan oleh guru akan cepat ditangkap oleh siswa.

 

  1. Pengertian Media Pendidikan
    1. Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan (association of education and Communication Technology /AECT)  di Amerika, membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyatukan pesan dan informasi.
    2. Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen  dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
    3. Bringgs (1970) berpendapat bahwa media adalah segalaalat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
    4. Asosiasi pendidikan nasional (National Education Association/NEA) media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatan.
    5. Jadi media adalah segalasesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
    6. Fungsi dan Kegunaan Media

Fungsi media

  1. Menurut Derek Rowntree, media pendidikan (media instruksional educatif) berfungsi:

a)      Membangkitkan motivasi belajar

b)      Mengulang apa yang telah terjadi

c)      Menyediakan stimulus belajar

d)      Mengaktifkan respon peserta didik

e)      Memberikan balikan dengan segera

f)       Menggalakkan latihan yang serasi

  1. Pendapat lain mengenai fungsi media

a)      menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar

b)      memperjelas informasi pada waktu tatap muka dalam proses belajar mengajar

c)      melengkapi dan memperkaya informasi dalam kegiatan balajar mengajar

d)     mendorong motivasi

e)      meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam menyampaikannya

f)       menambah variasi dalam menyampaikan materi

g)      menambah pengetian nyata tentang suatu pengetahuan

h)      memberikan pengalaman-pengalaman yang tidak diberikan guru serta membuka cakrawala yang lebih luas, sehingga pendidikan bersifat produktif

i)        memungkin peserta didik memilih kegiatan  belajar sesuai dengan  kemampuan, bakat dan minatnya

j)        mendorong terjadinya interaksi  antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik  serta peserta didik dengan lingkungannya.

Kegunaan Media Pendidikan.

  1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya indra.
  3. Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sifat pasif anak didik.
  4. Dengan adanya sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami kesulitan bila semuanya itu harus diatasi sendiri.
  5. Ciri-Ciri Media Pembelajaran
  6. Media pembelajaran identik dengan alat peraga langsung dan tidak langsung
  7. Media pembelajaran digunakan dalam proses komunikasi instruksional
  8. Media pembelajaran memiliki muatan normatif bagi kepentingan pendidikan
  9. Media pembelajaran merupakan alat yanf efektif dalam instruksional
  10. Media pembelajaran erat kaitannya dengan metode mengajar khusunya maupun komponen-komponen sistim-sistim instruksional lainnya.
  11. Sejarah Perkembangan Media Pendidikan

Pada mulanya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru. Alat bantu yang dipakai adalah alat bantu visual  misalnya gambar model, objek dan alat-alat lain yang dapat memberi pengalaman kongret. Pada akhir tahun 1950 teori komunikasi mulai mempengaruhi penggunaan alat bantu audio visual, sehingga selain sebagai alat media juga berfungsi sebagai penyalur pesan atau informasi belajar. Baru pada tahun 1960-1965 orang baru memperhatikan siswa sebagai komponen yang penting dalam proses belajar mengajarr. Pada tahun 1965-1970 pendekatan sistem mulai menampakkan pengaruhnya dalam kegiatan pendidikan dan kegiatan pembelajaran.

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s