MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

Posted: 5 Juni 2011 in Media Pendidikan

MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN

  1. Proses belajar mengajar sebagai proses komunikasi

 

  1. Bentuk-Bentuk komunikasi

Misal: tatap muka, telepon, telegram

Komunikasi terbagi menjadi 2 bagian:

  1. Komunikasi nom verbal (silent language)

Kumpulan isyarat, gerak tubuh, intisari, suara, sikap, yng memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa kata-kata ( Bovee dan Thill 2003:4)

 

Menurut Mark Knap (cagara 2004:100)Fungsi komunikasi non verbal adalah:

  1. Meyakinkan apa yang diucapkan (repetition)
  2. Menunjukkan perasaan atau emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata (subtitusion)
  3. Menunjukkan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya (identity)
  4. Menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasa belum sempurna

Dalam berbagai studi, komunikasi non verbal dikelompokkan dalam beberapa ( canggara 2004:101)

  1. Kinesics, komunikasi verbal dengan gerakan tubuh
    1. Emblenis menrupakan sebuah isyarat yang dibuat oleh suatu budaya misalnya v bagi orang amerika victory/ kemengan.
    2. Ilustrators merupakan sebuah gerakan badan untuk mengilustrasikan sesuatu misalnya tinggi badan seseorang.
    3. Affect display, isyarat yang biasanya timbul karena pengaruh dari emosional seseorang, misalnya wajah senang, wajah  berataut, wajah juga mengisyarakatkan pesan.
    4. Regulaters, suatu gerakan tubuh yang biasanya terjadi didaerah kepala misal: menggangguk, menggeleng.
    5. Adaptacy, suatu gerakan tubuh yang menunjukkan kejengkelan pada sesuatu contoh: menggerutu, menarik nafas, menggepal tinju dan lain-lain.
    6. Gerakan mata (Eye Gaze)

Siapa bilang mata tal dapat bicara, matala yangpaling menunjukkan ekspresi seseorang, apakah dia sedang sebal, sedih, atau senang.

  1. Sentuhan (Touching)

Sebuah isyarat yang dilambangkan dengan sentuhan badan. Ada tiga bentuk sentuhan:

  1. Kineshic, isyarat yang menunjukkan kemesraan/ keakraban
  2. Socio fugal, isyarat yang menunjukkan awal mula persahabatan
  3. Thermal, isyarat yang menunjukkan persahabatan namun intim misalnya: menepuk bahu adu tinju.
  4. Para language

Suatu isyarat yang timbul karena adanya sebuah tekanan pada saat berbicara. Sehingga pada saat si komunikator berbicara sang komunikan sudah mengerti apa yang sebearnya dibicarakan.

  1. Diam

Walaupun bentuk komunikasi ini merupakan bentuk yang sulit untuk diterka karena bisa saja apa yang dipikirkan orang itu adalah negatif atau positif.

  1. Postur tubuh
  2. Warna
  3. Bunyi
  4. Bau

 

  1. Komunikasi verbal

Komunikasi dimana disampaikan secara lisan atau tertulis yang menggunakan suatu bahasa.

Bahasa yaitu seperangkat kata yang disusun secara terstruktur sehingga mempunyai arti

Komunikasi verbal ada 2

  1. Komunikasi lisan/ Oral comunication
    1. Berbicara

Keunggulan berbicara

a)      Tidak merepotkan

b)      Waktu diperlukan lebih sedikit

c)      Tidakmemerlukan komponen baku

d)     Tidak perlu menulis

e)      Langsung

f)       Feedback bisa lansung dilihat

Kekurangan

a)      Bersifat spontan, kualitas komunikasi tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengucapkannya.

b)      Jika orang lain berbicara dan tidak diberi perhatian maka persoalan akan hilang

c)      Audien sering melihat berbicara dari penampilannya sehingga langsung menjudge seorang dari cover.

  1. Menyimak

a)      Mendengarkan (hearing)

b)      Memperhatikan (attention)

c)      Memahami (Understanding)

d)     Mengingat (remembering)

e)      Mengevaluasi (evaluating) membedakan fakt/opini

f)       Menanggapi (responding)

  1. Membaca

Prinsip membaca

  1. Speed (kecepatan)

Jika membaca memerlukan pemahaman tingkat tinggi maka harus secar teliti. Namun kira-kira bacaan tersebut kurang relevan dengan kebutuhan maka kita membacanya selintas.

  1. Comprehension (pemahaman) pemahaman yangkita baca berpengaruh terhadap hasil dan apa yang kita baca, maka untuk pemahaman efektif perlu berkonsentrasi.
  2. Efisiensi, mengefektifkan apa yang kita harus pahami dalam bacaan
  3. Resensi (penyimpanan ingatan tentang apa yang kita baca)

 

3.Tujuan dan Prinsip Komunikasi

A. Tujuan

Ada 5 tujuan/motif umum komunikasi yang diidentifikasi

  1. Untuk menemukan

Berkaitan dengan penemuan personal, ketika berkomunikasi dengan orang lain anda belajar tentang diri anda sendiri dan prang lain.

  1. Untuk menghubungkan

Motivasi kita adalah membentuk dan mempertahankan hubungan dengan orang lain.

  1. Untuk membantu

Terapi konsultasi, guru, orang tua dan temuan hanya merupakan beberapa kategori yang sering berkomunikasi untuk memberikan bantuan.

  1. Untuk mengajak
  2. Untuk berbagi

B.Prinsip komunikasi

a. komunikasi adalah perangkat sinyal

perilaku komunikasi melibatkan pesan verbal, bahasa tubuh/beberapa komunikasi, biasanyapaket-paket perilaku verbal dan non verbal saling memperkuat danmendukung

b. komunikasi adalah transaksi

Komunikasi merupakan transaksi (Barmund 1970: warzlawick 1977-1978) komunikasi sebagai transaksi adalah: setiap orang dipahami sebagai pembicara dan sekaligus pendengar, yang secara simultan mengirim dan menerima pesan.

c.komunikasi adalah proses penyesuaian

seni komunikasi adalah mengidentifikasi sinyal-sinyal orang lain mempelajari bagaimana sinyal tersebut digunakan, memahami apa maksudnya

  1. Komunikasi melibatkan dimensi kandungan dan hubungan

Komunikasi menunjukkan pada dunia nyata, yang beredar di luar pembicara dan pendengar. Komunikasi juga menunjukkan pada hubungan antara beberapa pihak dalam semua transaksi

  1. Urutan-urutan komunikasi dijelaskan

Ketika seorang partisan/ pengamat komunikasi bertindak proses ini bisa dibagi menjadi sebab akibat, atau stimulus atau respon.

  1. Komunikasimelibatkan transaksi sitematis dan komplementer
  2. Komunikasi tak terhindarkan, tidak dapat dibalikkan, tidak terulang.

 

4.Faktor-faktor penghambat komunikasi

a. Hambatan sosiologi

b. hambatan antropologis

c. Hambatan Psikologis

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s