PERKEMBANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI TINGGI

Posted: 5 Juni 2011 in Media Pendidikan

PERKEMBANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INDUSTRI

  1. Belajar Jarak Jauh  (distance Learning) dengan perangkat learning e-learning  adalah:

Pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memamfaatkan teknologikomputer, jaringan komputer dan internet e-learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa  akses dari internet di jaringan lokal/internet.

Sebenarnya materi e-learning tidak harus  didistribusikan secar online baik melalui jaringan lokal-maupun internet, secara ofline menggunakan media cd/dvd pun termasuk e learning.

 

Ada beberapa pengertian yang berkaitan dengan e learning tersebut

  1. Pembelajaran jarak-jauh

E learning memungkinkan pelajar untuk menimba ilmu tanpa secara fisik menghadiri kelas. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia di kampus/universitas, perusahaan penyedia contenttentu, pembelajar bisamengatur waktu sendiri.

  1. Pembelajaran dengan perangkat komputer.

E learning disampaikan dengan memamfaatkan perangkat komputer, perangkat di lengkapi multi media dengancddrive dan koneksi internet pengajar dapat berpartisipasi dalam e learning.

  1. Pembelajaran foemal vs informal

E learning secara formal, pembelajaran dengan kurikulum,silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal oleh pihak-pihak terkait.Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawan/pembelajaran jarak jauh dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang e learning.

E learning informal,interaksi lebih sempurna contoh:mailing list, e news letter, website dll

 

  1. Pengemabangan bahan belajar berbasis web

Bahan ajar yang disiapkan, dijalankan dan di mamfaatkan dengan media web.

Ada 3 karakteristik yang merupakan potensi besar bahan ajar berbasis web:

  1. Menyajikan multi media
  2. Menyimpan mengolah, menyajikan informasi
  3. Hyperlink

Salah satu karakteristik yang paling menonjol adalah adanya fasilitashyperlink. Hyperlink geografis, semua objek yangbersangkutan tersedia pada web. Dengan adanya fasilitas hyperlink maka sumber belajar menjadi sangat kaya. Search engine membantu untuk mencari subjek yang dapat dijadikan link.

Unsur-unsur bahan ajar:

  1. Tujuan
  2. Sasaran
  3. Ulasan materi
  4. Sistematika sajian
  5. Petunjuk belajar
  6. Evaluasi

Pengertian model pembelajaran berbasis komputer

Hal ini terjadi karena setiap ahli/institusi mengembangkan modelnya sendiri sesuai dengan kebutuhan lembaga yangakan menggunakkannya dan target sasaran populasi pengguna. Ada tiga tahap dalam pengembangannya yaitu (suparman MA, 2005:57)

  1. Tahap devinisi
  2. Tahap analis dan pengembangan sistem
  3. Tahapevaluasi
  4. Software bahan ajar

Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apabila tersedia software didalamnya. Demikian pula sebaliknya software baru akan bermamfaat apabila ada hardware yang menjalakannya.

 

Software dikelompokkan menjadi tiga jenis

  1. Software operating sistem
  2. Software aplikasi
  3. Software data/kontent

OS adalah software yang berfungsi sebagai sistem operasi seperti DOS, Windows linux dan Unik.

Aplikasi adalah: software yang digunakan untuk membangun/ menjalankan CMS

Sedangkan data/bahan ajar= termasuk kelompok konten misal bahan ajar, baik berupa teks audio, gambar, video animasi.

  1. Audiotape dan video tape

Kelabihan-kelebihan audio tape

  1. Baik untuk siswa yang sedang belajar mendengar
  2. Pengisi waktu saat menunggu
  3. Mendengar sambil melakukan mobilitas
  4. Alternatif bagi yang tidak senang membaca/ mempunyai kesulitan membaca
  5. Pendengar dapat mereview sambil menunggu melakukan kegitan lain.

Kelemahan audio tape

  1. Kaset buku ini kaku (kurang fleksibel) tergantung pada tape dan aliran listrik
  2. Tidak melakukan pembelajaran terhadap isi buku terlebih dahulu
  3. Bilamencermati isi buku harus mereview sampai menentukan yang dimaksudkan.
  4. Hal-hal penting tidak digaris bawahi tapi tetap diberi tanda khusus

Optimalisasi audiotape

  1. Matikan tape dan ulangi hal-hal yang perlu di hafalkan
  2. Buatlah catatan semua/ setelah selesai mendengarkan
  3. Dengarkanlah hal-hal penting/sulit beberapa kali
  4. Kalau ada buku manualnyalihat dan cermatilah terlebih dahulu sebelum mendengarkan kaset.

Video tape dan audio tape

Kelebihan

  1. Baik untuk semua, yang sedang belajar mendengar dan melihat
  2. Bisamempergunakan dirumah, diluar kelas maupun dalam perjalanan
  3. Bisa dipergunakan tidak hanya satu orang
  4. Dapat digunakan untuk pemberian umpan balik

Kelemahan video tape

  1. Sering dianggap sebagai hiburan tv
  2. Kegiatan melihat video tape adalah kegiatan
  3. Menggunakan video berarti memerlukan unit alat yaitu video tape, monitor
  4. Dibandingkan dengan kaset recorder harganya relatif mahal
  5. Pemirsa tidak bisa melihat secara cepat bagian-bagian tanyangan.

Optimalisasi videotape

  1. Kualitas videotape sangat variatif, pilihan yang menghasilkan gambar dan suara yang jelas
  2. Jangan mempergunakan waktu dengan melihat video yangtidak sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Terlibat secara aktif
  4. Lengkapi dengan buku petunjuk dan buku latihan
  5. Cermatilah semua buku yang menyertai video tape
  6. Beristirahatlah ketika anda mulai kehilangan konsentrasi
  7.  Internasional network (internet)

Kelebihan

  1. Memungkinkan akses informasi ke banyak narasumber
  2. Hampir semua tema dapat diperoleh dari net
  3. Bisa menjelajah dunia dimana saja
  4. Adanya fasilitas untuk berinteraksi dengan orang lain dari seluruh penjuru.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s